Rotasoft.com

Review Bisnis Dan Usaha

cara mudah menghijaukan rumah

Cara Mudah Menghijaukan Rumah

Cara mudah menghijaukan rumah dan membuat rumah dan sekitarnya menjadi lebih sehat dan aman untuk anda sekeluarga, cek tips membuat rumah lebih hijau

Jangan panik dulu! Cara ini tidak mengharuskan Anda mengganti semua perabotan rumah. Cukup ikuti panduan dari beberapa ahli berikut, kediaman Anda pun berubah semakin cantik dan ramah lingkungan.

DAPUR

  1. Menghindari bisphenol A (BPA). BPA adalah estrogen sintetik yang menambah sifat plastik, membuatnya berwarna transparan cerah, lebih kuat dan tahan goresan. Pada akhir tahun 2008, Food and Dmg Administration (FDA) menyatakan bahwa BPA aman pada level tertentu. Akan tetapi beberapa ilmuwan independen bersikeras bahwa BPA tidak aman berdasarkan hasil analisa ratusan studi kasus. BPA dapat menimbulkan reaksi kimia dengan makanan atau minuman dan bersifat karsinogenik atau bisa menimbulkan kanker prostat, kanker payudara, disfungsi kandungan telur dan diabetes tipe II. Jadi pilihlah peralatan makan dari plastik yang aman dan biasanya terdapat tanda #2, #4, atau #5 di bagian bawahnya.
  2. Buat freezer selalu terisi penuh. “Manfaatkan kantong berisi air untuk mengisi daerah yang kosong, sehingga freezer Anda tidak perlu membuang banyak energi agar tetap dingin.” Demikian pendapat Martha Stewart, pemandu acara The Martha Stewart Show.
  3. Potong handuk lama Anda, untuk digunakan saat membersihkan barang-barang di rumah Anda. Selain dapat dicuci ulang, handuk mampu menyerap cairan 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan kertas atau tisu.
  4. Menggunakan kaca daurulang. Kaca yang didaur ulang dari botol dan lain sebagainya dapat digunakan kembali sebagai bahan bangunan.Kaca jenis ini disebut juga Glassphalt, yaitu bahan pelapis dengan menggunakan 30% material kaca daur ulang. Cara ini menggunakan 50 persen energi lebih sedikit dibandingkan harus membuat kaca baru.
  5. Pilih alat masak yang tepat Alat masak berlapiskan titanium, platinum, atau keramik, serta tidak mudah terkelupas merupakan pilihan yang menyehatkan karena bebas dari bahan kimia dan mampu mengurangi risiko penyakit
  6. Memilih kain serbet. Jika setiap orang mau mengganti kotak tisu dengan kain, maka setiap harinya 1juta pohon terselamatkan.
  7. Gunakan wadah kaca. Dibandingkan wadah plastik yang dapat menimbulkan reaksi kimia, kaca jauh lebih aman apabila digunakan di dalam microwave. Gunakanlah kaca lahan panas yang tidak mengandung unsur logam (kristal timah) atau lapisan logam (pinggiran emas, plitur, kobalt).
  8. Pembersih debu. Gunakan pembersih yang alami, lembut, dan terbuat dari bulu ayam untuk membersihkan permukaan kaca agar bebas dari goresan.
  9. Beli pembersih yang aman dan alami. Singkirkan rumah Anda dari segala bahan kimia berbahaya seperti Sodium hydroxide (NaOH) dan ammonia yang dapat merusak kulit serta menyebabkan iritasi pada mata dan paru-paru.Beralihlah ke bahan alami seperti jeruk nipis, lemon, baking soda dan garam.
  10. Menggunakan uang dengan bijak. Jika Anda ingin mengganti barang, pastikan barang lama sudah tidak bisa digunakan.Pertimbangkanlah membeli barang-barang hasil daur ulang. Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk mencintai lingkungan.
  11. Membuang sampah. Jika Anda tidak mau membuat kompos sisa makanan, Kate Heyhoe, penulis Cooking Green, mengatakan, “lebih baik menanamnya daripada melemparkannya ke tempat sampah”.
  12. Pilih yang alami. Gunakanlah spons berbahan cellulose. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tapi ramah lingkungan karena mudah terurai. Berbeda dari spons berbahan polyurethane yang tidak akan terurai. Cellulose terbuat dari bahan alami yang lembut, mudah menyerap air dan memiliki pori-pori cukup besar pada seluruh permukaannya.
  13. Memilih tirai. Katun organik tidak mengandung senyawa burocaun gas volatile organic compounds (VOC), seperti yang ada pada tirai dari polivinll klorida (racun plastik).
  14. Menghemat air. Mandi dengan shower mampu menghemat sekitar 8 galon air setiap kali mandi.

cara mudah menghijaukan rumah

Cara mudah menghijaukan rumah bisa dilakukan dengan cara sederhana dan murah

KAMAR TIDUR

  1. Hemat menggunakan pendingin udara. Pilihlah pendingin (AC) yang hemat energi dengan freon yang ramah lingkungan, seperti freon hidrokarbon.
  2. Amankan kulit wajah. Lebih aman memakai kapas organik yang terbuat dari 100% kapas organik, lembut, dan cepat menyerap serta bebas dari pemutih klorin berbahaya.Klorin sendiri merupakan bahan kimia yang biasa digunakan sebagai pemutih pakaian. Kapas organik dapat Anda beli di Supermarket dan apotik langganan terdekat.
  3. Berpikir cerdas. Lebih cermat dalam memilih dan membeli barang. Daripada hanya melihat modelnya yang bagus, sebaiknya pertimbangkan juga materialnya, apakah aman untuk lingkungan.
  4. Berkreasi dengan gorden. Ganti warna gorden rumah Anda ke warna yang lebih cerah jika musim kemarau datang dan ke warna yang lebih gelap pada musim hujan. “Kita bisa menghemat 25 persen hawa panas atau dingin hanya dengan mengganti warna kain pada gorden,” demikian tulis Thomas Kostigen dalam bukunya The Green Blue Book.

Cek : Harga Glucogen Moment

RUANG KERJA

  1. Simpan file secara digital.Mari mengurangi penggunaan kertas dengan menyimpan catatan penting Anda di dalam file elektronik. Pastikan perangkat hard drive nya mendukung. Jika ada beberapa file yang harus dicetak, gunakanlah bagian belakang kertas bekas.
  2. Dinding. Hati-hati memilih wallpaper yang tepai untuk dinding, karena kebanyakan wallpaper mengandung polivinil klorida (PVC).
  3. Kembali ke alam. Buatlah rak sederhana dari potongan kayu yang sudah tidak lagi digunakan.
  4. Investasi furnitur yang berkualitas. Belilah kursi yang dibuat menggunakan kayu yang berkualitas baik dan tahan lama.

UNTUK ANAK

  1. Jauhkan racun. Pilih mainan yang ramah lingkungan dan terbuat dari kayu atau plastik daur ulang yang aman untuk anak-anak. Pastikan mainan anak Anda bebas dari bahan berbahaya.
  2. Peralatan makan bebas limbah. Pilihlah yang berbahan stainless steel yang dapat digunakan terus- menerus.
  3. Mainan pro-hijau. Mainan yang dibuat atau dibeli dari bahan daur ulang bisa menjadi kebiasaan awal anak Anda untuk mencintai lingkungan.
  4. Tanaman hias. Sebuah rangkaian bunga hidup atau i.atu pot kecil berisi tanaman hias dapat memberikan kesan vxjar dan hijau dibandingkan rangkaian bunga plastik. Cara ini sekaligus membantu membersihkan udara kotor di dalam ruangan.
  5. Keringkan pakaian. Gantung cucian Anda di rak jemuran pakaian daripada menggunakan mesin pengering. Dengan cara Ini Anda dapat menghemat penggunaan listrik. Begitu pendapat Mlndy Pennybacker, penulis sekaligus editor dari Greenerpenny.com.
  6. Gunakan pemotong rumput dorong. Tanpa bahan bakar, polusi, dan bunyi mesin yang menyakitkan telinga.
  7. Ubah sampah menjadi kompos. Sampah rumahtangga jika dibiarkan dapat menimbulkan penyakit. Agar bermanfaat ubahlah menjadi pupuk kompos

Cek Harga Pupuk Organik Cair Marah

Cara membuat pupuk kompos

Membuat kompos dari sampah dapur bisa IV ‘dilakukan oleh semua orang. Apalagi dengan metode Takakura yang diperkenalkan oleh Kebun Karinda (lihat Nirmala edisi Juni 2007).

  1. Gunakan sampah organik yang berupa sisa makanan, kulit buah, dan sisa sayuran yang dicacah dengan ukuran sekitar 2×2 cm.
  2. Sisihkan tulang, daging, lemak, dan minyak yang akan mengganggu pengomposan. Sisa sayur yang bersantan dibilas dahulu.
  3. Siapkan wadah pengomposan (bisa berupa tempayan dari tanah liat atau plastik berukuran 50-100 liter, yang diberi 5 lubang di dasarnya). Letakkan wadah itu di atas bata agar aliran udara bisa masuk. Kemudian, beri bantalan dari jaring plastik yang diisi sabut untuk menjaga suhu dan kelembapan.
  4. Isi 1/3 wadah pengomposan dengan kompos lama.
  5. Masukkan sampah dapur setiap hari, dan jangan lupa diaduk.
  6. Jika terlalu basah, tambahkan serbuk kayu gergaji atau sekam. Jika timbul panas, berarti proses pengomposan berjalan.
  7. Setelah wadah penuh, 1/3 bagian bawah bisa digunakan sebagai kompos, dan 2/3 bagian atas dilanjutkan prosesnya. (N)
  • Published On : 2 years ago on April 6, 2016
  • Author By :
  • Last Updated : May 7, 2016 @ 3:49 am
  • In The Categories Of : Rumah
  • Tagged With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

';